Jenis-Jenis Kurma Paling Populer di Dunia


Garudaraya : Jenis-Jenis Kurma Paling Populer di Dunia - Jika Anda penggemar buah kurma, tentu saja akrab dengan cita rasanya yang manis dan menyerupai karamel. Namun, tahukah Anda bahwa terdapat ratusan jenis kurma di dunia? Ya, di Arab Saudi sendiri, terdapat sekitar 400 jenis kurma.
 
Di berbagai negara lain seperti Tunisia, Irak, Mesir masih banyak lagi jenis kurma yang memiliki beragam tekstur dan cita rasa. Tanah dan kondisi alam yang unik di setiap daerah membuat tekstur dan rasa tiap jenis kurma berbeda. Dari ratusan buah kurma, terdapat beberapa jenis yang terbilang paling populer dan digemari berbagai masyarakat di dunia. Berikut sepuluh di antaranya.

1. Kurma Thoory - Sering pula disebut thuri, buah ini merupakan jenis kurma yang sangat populer di Aljazair. Buah kurma thoory biasanya kering dengan warna coklat kemerahan dan ketika diawetkan, warnanya berubah menjadi kebiru-biruan. Kulitnya pun sangat berkeriput. Daging buahnya agak keras dan rasanya manis serta terdapat sentuhan rasa kacang. Kurma ini juga cukup tahan lama jika disimpan. Di Indonesia, kurma jenis ini juga cukup banyak ditemui.

2. Kurma  Khidri - Kurma yang satu ini paling sering digunakan sebagai kurma olahan yang diberi isian cokelat, almon dan sebagainya. Berwarna merah tua, tekstur kurma ini kering dan kenyal. Rasanya pun tidak begitu manis sehingga cocok dikombinasikan dengan isian yang memiliki berbagai cita rasa.

3. Kurma Amir Hajj - Kurma yang juga disebut amer hajj ini merupakan varietas kurma yang terkenal di Irak. Memiliki daging yang tebal dan bertekstur lembut dengan kulit tipis, kurma ini seringkali disebut sebagai the visitor's date karena masyarakat Irak umumnya menyajikannya sebagai kudapan bagi tamu yang datang ke rumah mereka.

4. Ajwa - Banyak yang menyebut kurma ini sebagai kurma nabi. Berwarna hitam gelap, kurma yang hanya tumbuh di Madinah ini, bertekstur lembut dengan cita rasa yang tidak terlalu manis dan menyerupai kismis.

5. Kurma Zaghloul - Kurma jenis ini memiliki warna merah tua dan berbentuk panjang menyerupai melinjo. Biasanya kurma yang satu ini disajikan sangat garing. Kurma yang banyak ditemukan di Mesir ini juga mengandung gula yang sangat tinggi sehingga mengering ketika disantap. Hal tersebut yang membuatnya eksklusif di Mesir dan harganya pun cukup mahal.

6. Sekkeri
- Walaupun berwarna cokelat gelap, kurma sekkeri memiliki daging buah yang begitu lembut dan cita rasa manis yang khas. Hal tersebut lah yang membuat kurma yang hampir berbentuk bulat ini cukup mahal jika dibandingkan dengan jenis kurma lainnya.

7. Kurma  Mozafati - Sebagian besar tumbuh di Provinsi Kerman, Iran, kurma ini sering dijuluki kurma bam. Biasanya masyarakat setempat mengonsumsinya ketika masih segar. Walaupun begitu, jika disimpan pada suhu minus lima derajat celcius, kurma jenis ini dapat disimpan hingga dua tahun. Warnanya yang gelap dan ukurannya yang sedang membuat kurma ini memiliki cita rasa yang manis dan daging yang lembut.

8. Kurma Deglet noor - Berwarna kuning keemasan, kurma deglet noor merupakan varietas unggul yang sangat populer di Libya, Tunisia, Algeria dan Amerika. Nama kurma ini berarti cahaya karena warna buahnya yang menyerupai warna sinat matahari. Kurma ini juga memiliki cita rasa yang tidak terlalu manis.

9. Kurma Sekki - Kurma yang satu ini memiliki warna yang unik yaitu warna kekuningan di bagian atas dan warna kecoklatan di bagian bawah. Daging yang berwarna kekuningan memiliki tekstur yang lebih keras sedangkan yang kecoklatan lebih lebih empuk dan kenyal. Walaupun begitu cita rasa kurma sekki ini tidak terlalu manis.

10.
Kurma  Khalasah - Varietas ini populer di Arab Saudi karena tingkat kemanisannya yang tidak terlalu tinggi sehingga cukup banyak disukai. Buah kurma ini seringkali disebut dengan khlas dan banyak tumbuh di Huffuf juga Qatif di bagian timur Arab Saudi.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Jenis-Jenis Kurma Paling Populer di Dunia"

Post a Comment

Terimakasih sudah mampir di blog yang sederhana ini dan untuk kenyaman anda berkomentar pada kolom komentar saya auto approve dan tanpa captcha.

Untuk komentar yang berupa Spam akan saya hapus