Efek Menggunkan Headset di telinga "Pengaruhi Otak"

 

Garudaraya : Efek Menggunkan Headset musik di telinga Pengaruhi Otak - Mungkin anda sering melakukan hal seperti ini ketika anda dalam perjalanan baik itu kendaraan pribadi maupun kendaraan umum dan sebelum anda menyesal selamanya sebaiknya anda berfikir kembali sebelum menyesal bahwa sebenarnya ketika kita mendengarkan musik dengan alat bantu yang bernama " Headset atau earphone" itu sangat berbahaya bagi pendengaran kita dan berikut sedikit tips dan efek berbahaya mendengar musik dengan headset atau earphone.

Kebiasaan mendengarkan musik MP3, PMP atau iPod dengan menggunakan bantuan headset atau earphone ternyata mempunyai efek yang negatif untuk telinga dan otak. Berdasarkan penelitian, efek buruk akan datang jika kita menggunakan earphone selama lima jam dalam seminggu dengan tingkat volume yang tinggi. Penggunaan earphone atau headset memang sangat membantu kita dalam menikmati musik.

Selain itu headset atau earphone ini juga bisa kita gunakan untuk memudahkan kita dalam berkomunikasi menggunakan telepon, meski sedang berkendara. Namun, di balik semua keuntungan itu, headset ini juga mempunyai efek yang buruk untuk kesehatan.

Tetapi tidak perlu khawatir, ternyata earphone itu aman bila digunakan secara benar dan wajar. Agar tidak berbahaya untuk kesehatan, berikut ada beberapa tips penggunaan earphone:

Pilihlah earphone yang paling cocok dengan telingamu. Sebelum membeli earphone, kamu bisa memilihnya terlebih dahulu. Apakah earphone itu nyaman atau tidak saat digunakan sehingga tidak membuat daun telinga kamu sakit dan lecet. Jangan pasang volume pada maksimal. Jangan sekali-sekali mendengarkan musik dengan earphone di volume suara yang tinggi atau keras. Karena hal itu hanya akan merusak fungsi pendengaran. Di mana frekuansi lazim di dengar manusia sebenarnya berkisar 20 Hz sampai 20 KHz, meski ada beberapa yang berfrekuensi di atas itu.

Gunakanlah earphone dengan waktu yang wajar. Kamu bisa mengistirahatkan telinga kamu antara setengah sampai 1 jam. Apabila kamu menggunakan earphone secara terus-menerus, tidak menutup kemungkinan telinga kamu akan mengalami rusak permanen.

Dianjurkan untuk tidak mendengarkan musik menggunakan earphone di tengah keramaian. Karena ada kemungkinan kamu akan meningkatkan volume agar tidak terganggu oleh kebisingan itu. Padahal hal itu akan membuat pendengaran mengalami kerusakan.

Untuk mengurangi tegangan pada gendang telinga, sebaiknya kamu tidak menutup telinga terlalu rapat saat menggunakan earphone. Jika terlalu rapat itu akan menambah beban pada gendang telinga dan bisa saja telinga akan menjadi sakit dan kepala menjadi pusing. Karena saat kamu menutup telinga dengan earphone terlalu rapat, maka lubang telinga akan hampa udara dan dapat mengganggu pendengaran kamu. (pusat data)

Kerusakan Otak

Gelombang elektromagnetik akibat earphone atau headset ini diduga berpengaruh terhadap listrik otak. Terbukti gelombang elektromagnetik ini berpengaruh pada listrik otak pada tikus. Namun, hingga saat ini belum diketahui seberapa besar efek dari gelombang elektromagnetik itu pada otak manusia. Tetapi yang jelas kamu harus tetap waspada.

Paparan musik dengan earphone atau headset dapat memengaruhi ambang pendengaran manusia, terutama bila dilakukan dengan volume keras dan dalam jangka waktu lama. Secara perlahan efek ini akan mengarah pada gangguan pendengaran secara permanen.

Karenanya kamu harus menggunakan earphone atau headset ini sesuai kebutuhan saja, jangan berlebih. Mengenai tingkat suara, suara tingkat ringan untuk dewasa berada antara 25 hingga 40 desibel, sedangkan anak-anak 20 hingga 40 desibel.

Sejumlah peneliti menganjurkan semua perangkat suara yang menggunakan headset atau earphone untuk tidak melebihi batas 100 desibel. Mengingat suara yang ada di luar headset (suara mesin mobil, disel atau pemotong rumput) juga bisa berpengaruh pada pendengaran manusia

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Efek Menggunkan Headset di telinga "Pengaruhi Otak""

Post a Comment

Terimakasih sudah mampir di blog yang sederhana ini dan untuk kenyaman anda berkomentar pada kolom komentar saya auto approve dan tanpa captcha.

Untuk komentar yang berupa Spam akan saya hapus