Alasan Utama BBM Android dan iOS Masih Pending

Garudaraya : Alasan Utama BBM Android dan iOS Masih Pending - Sempat diumumkan kehadirannya pada 19 September lalu di Jakarta, BBM lintas platform yang direncanakan meluncur pada 21 September masih saja tertunda hingga saat ini. Beberapa pengguna Android dan iPhone memang sempat merasakan layanan pesan instan BlackBerry tersebut. Namun hanya untuk beberapa saat saja.

Akhirnya, BBM lintas platform pun dipastikan tertunda kehadirannya terkait beberapa alasan. Aplikasi tak resmi yang lebih dulu beredar pun dituding sebagai akar permasalahannya.

1. BBM Bocor dari Sumber Tak Resmi - Secara resmi BlackBerry telah menginformasikan bahwa sumber masalah tertundanya BBM lintas platform disebabkan oleh aplikasi BBM tak resmi yang telah lebih dulu bocor di jagat maya. 

Tidak hanya satu versi, namun mencapai beberapa versi. Yang dimulai dari versi beta hingga yang disebut sebagai versi rilis.

Dijelaskan Andrew Bocking, Head of BBM, aplikasi BBM tak resmi yang banyak beredar di dunia maya memiliki spesifikasi yang tak sesuai dengan sistem yang disiapkan BlackBerry.

Alhasil, tidak butuh waktu lama hingga akhirnya sistem yang digunakan BBM dipaksa bertekuk lutut oleh ‘serangan’ aplikasi BBM tak resmi tersebut.

2. Bandwidth yang Melonjak - Salah satu alasan terkuat yang menyebabkan tertundanya BBM lintas platform telah dipastikan berasal dari aplikasi BBM tak resmi. Adapun secara teknis, penyebabnya disebut berasal dari bandwidth yang dibutuhkan aplikasi BBM tak resmi.

 

Aplikasi BBM tak resmi menyedot bandwidth mencapai 4 kali lipat lebih besar dibanding seharusnya. Hal ini lah yang tak terantisipasi oleh sistem yang digunakan BBM,” ungkap Joegianto, dari komunitas BlackBerry yang berkesempatan mengikuti sesi interview dengan Gary Klassen sebagai pembesut BBM. Dengan kata lain bisa dikatakan bahwa sistem yang digunakan BBM tidak disiapkan untuk menangani lonjakan bandwidth yang diluar kemampuannya.

Hal tersebut pun terbukti kala 1,1 juta pengguna aplikasi BBM tak resmi aktif selama 8 jam, ternyata telah lebih dari cukup untuk meruntuhkan sistem yang digunakan BBM.

3. BBM Tak Resmi Bikin Boros Baterai - Selain lonjakan bandwidth, hal yang mengkhawatirkan pejabat Principal Arcithect BlackBerry, Gary Klassen adalah konsumsi baterai smartphone yang dipastikan meningkat bila menggunakan aplikasi BBM tak resmi.
Hal tersebut pun dipastikan oleh Klassen diakibatkan oleh penggunaan bandwidth besar saat menggunakan aplikasi BBM tak resmi.

Oleh karenanya, pembesut BBM ini meminta agar pengguna perangkat Android dan iPhone bersabar untuk Download aplikasi BBM dari sumber resmi.

Tetap update di BBM.com untuk perkembangan informasi terkait aplikasi BBM lintas platform,” ucap Joegiyanto menirukan Klassen.

4. Mematikan Akses Aplikasi BBM Tak Resmi - Akibat melonjaknya bandwidth yang digunakan oleh aplikasi BBM tak resmi, sejumlah antisipasi pun dilakukan oleh BlackBerry. Salah satunya adalah dengan cara mematikan akses terhadap aplikasi BBM tak resmi.

Tujuannya sudah pasti untuk menghindari terjadinya kejadian sebelumnya dimana aplikasi BBM tak resmi disebut mengkonsumsi bandwidth hingga 4 kali lipatnya dari yang seharusnya.

Menurut Andrew Bocking, Head of BBM, langkah ini disebutnya sebagai upaya untuk mengantisipasi kemungkinan serupa terjadi di masa depan. Sekilas terdengar sederhana, namun Bocking menegaskan hal ini tidak semudah kedengarannya. Pentolan BBM ini pun mengatakan perbaikan ini dapat memakan waktu cukup lama.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Alasan Utama BBM Android dan iOS Masih Pending"

Post a Comment

Terimakasih sudah mampir di blog yang sederhana ini dan untuk kenyaman anda berkomentar pada kolom komentar saya auto approve dan tanpa captcha.

Untuk komentar yang berupa Spam akan saya hapus