Gadget -Gadget Paling Mengejutkan di Tahun 2013

Garudaraya : Gadget -Gadget Paling Mengejutkan di 2013 - Tahun 2013 sudah memasuki bulan terakhir. Di tahun ini, cukup banyak ponsel canggih diluncurkan yang kehadirannya mengejutkan publik. Sebut saja ponsel dengan resolusi kamera sangat tinggi, layarnya melengkung, dan terobosan lainnya. Tujuannya apalagi kalau bukan untuk membedakannya dari para kompetitor.

Ponsel apa saja yang dianggap paling mengejutkan di tahun 2013? Berikut di antaranya yang dihimpun dari berbagai sumber.

1. Nokia Lumia 102

Lumia 1020 adalah ponsel Windows Phone pertama yang memiliki kamera 41 megapixel. Sampai saat ini, belum ada ponsel dari vendor pesaing dengan resolusi kamera yang mampu menandinginya.
Dengan sensor berkekuatan 41MP, Lumia 1020 mampu menghasilkan foto berukuran 38MP dan 34MP, tergantung aspek rasio yang dipakai (4:3 atau 16:9).

Namun, jangan khawatir untuk yang ingin segera mengshare foto hasil jepretannya ke social media favorit seperti Facebook dan Twitter dan tidak membutuhkan file berukuran besar, Nokia sudah mengantisipasinya. Kamera di ponsel Nokia ini secara bersamaan juga menghasilkan foto berukuran 5MP hasil pemadatan piksel. Foto 5MP tersebut, karena memiliki informasi yang didapat dari sensor 41MP, maka kualitas foto yang dihasilkan lebih baik dibandingkan sensor 5MP 'biasa'.

2. Sony Xperia Z1
Di antara deretan ponsel Android, barangkali Xperia Z1 besutan Sony memiliki kamera paling bagus. Tak hanya mengusung resolusi kamera 20,7 megapiksel saja, namun juga mempunyai bukaan sensor 1/2.3--dimana merupakan 70% lebih besar dari kamera ponsel kebanyakan.
Tak hanya itu, kamera di Z1 menggunakan semua teknologi kamera yang dipunyai oleh Sony. Sebut saja lensa F/2.0, Sony Exmor RS sensor dan Sony BIONZ image processor.

Mungkin sedikit agak meleset dari kabar yang beredar adalah, kemampuan merekam video dari Honami ini hanya sebatas 1080p atau Full HD, tidak ada 4K yang santer disebutkan.

Sama seperti pendahulunya, Sony Honami juga mampu diajak berendam di air dalam kedalamaan tertentu. Sementara itu, baterainya juga mumpuni dengan kapasitas 3.000mAh.

3. Samsung Galaxy Note III  

Samsung Galaxy Note III menjadi flagship Samsung di samping Galaxy S4. Handset ini terbilang mengejutkan karena memiliki kapasitas RAM 3GB, belum pernah ada di industri ponsel sejauh ini.

Di samping RAM, spesifikasinya pun terbilang mentereng. Prosesor quad core 2,3GHz menjadi dapur pacunya. Adapun layarnya yang seluas 5,7 inch sudah beresolusi full HD.

Di samping itu, ada stylus bawaan khas Galaxy Note yang dijuluki S Pen. Stylus tersebut semakin canggih kemampuannya.

Misalnya saja fitur Air Command, di mana beberapa fungsi stylus bisa diakses tanpa menyentuhkannya pada layar.

4. iPhone 5S
iPhone 5S menghadirkan beberapa terobosan. Yaitu pemindai sidik jari yang disebut Touch ID dan prosesor 64 bit yang pertama dibenamkan dalam sebuah smartphone.

Pemindai sidik jari iPhone 5S memungkinkan pengunanya membuka ponsel cukup dengan menyentuhkan sidik jari. Kabarnya, sensor sidik jari ini sensitif dan mudah digunakan. Data sidik jari disimpan dalam ponsel dan bisa mengenali beberapa data sidik jari sekaligus.

Kemudian ada prosesor 64 bit yang membuat performanya makin handal. Di masa depan, diharapkan munucul aplikasi yang memanfaatkan kemampuan prosesor 64 bit tersebut.

5. Samsung Galaxy Round
Samsung akhirnya benar-benar memperkenalkan ponsel Android dengan layar melengkung tajam. Namanya adalah Galaxy Round. Layar Galaxy Round yang seukuran 5,7 inch tampak melengkung ke dalam. Namun ternyata tidak bisa ditekuk-tekuk yang berarti tidak sesuai dengan perkiraan. Adapun resolusinya sudah definisi tinggi 1080p.

Desain Galaxy Round sendiri mirip mirip dengan Galaxy Note 3, dengan casing belakang terlihat seperti kulit yang pinggirannya dijahit. Hanya saja bentuknya melengkung.
Galaxy Round punya teknologi bernama Round Interaction. Dalam keadaan layar mati, jika Galaxy Round digoyang di permukaan yang datar, maka notifikasi seperti missed call dan SMS akan ditampilkan.

6. LG G Flex
Setelah pengumuman Galaxy Round, LG tidak mau ketinggalan dan memperkenalkan G Flex. Seperti Galaxy Round, layar G Flex pun juga melengkung. Jika Galaxy Round melengkung ke dalam secara horisontal, maka LG G Flex melengkung ke dalam secara vertikal.

Paling menarik adalah fitur yang disebut self-healing, di mana ketika bagian belakang ponsel mengalami goresan kecil maka akan 'sembuh' dengan sendirinya. Ini tak terlepas dari bentuknya yang lebih bungkuk. Secara keseluruhan, LG G Flex dipersenjatai dengan prosesor Snapdragon 800 dan RAM 2 GB. Dengan kamera 13 megapiksel dan mempunyai tombol pengunci di bagian belakang.

7. Motorola Moto G

Motorola Moto G dianggap mengejutkan bukan soal spesifikasinya melainkan harganya yang murah, namun dibekali spesifikasi tingkat tinggi. Berpotensi merusak harga Android.
Handset ini dijual mulai USD 179 lepas kontrak operator. Jika dirupiahkan, harga Moto G hanya Rp 2 juta. Padahal, handset ini sudah dibekali dengan prosesor quad core 1,2 GHz Snapdragon 400, RAM 1GB dan layar HD resolusi 1280 x 720 pixel dengan kepadatan pixel 329ppi.

Spesifikasi kunci lain seperti kamera 5 megapixel, kamera depan 1,3 megapixel, memori internal 8/16GB tanpa slot microSD namun ditebus dengan penyimpanan gratis 50GB di Google Drive, Bluetooth 4.0, layar berlapis Gorilla Glass dan baterai 2.070 mAh yang diklaim awet.

Sistem operasinya masih Android 4.3 Jelly Bean, namun Motorola menjanjikan dapat diupgrade ke Android 4.4 KitKat pada Januari 2014.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Gadget -Gadget Paling Mengejutkan di Tahun 2013"

Post a Comment

Terimakasih sudah mampir di blog yang sederhana ini dan untuk kenyaman anda berkomentar pada kolom komentar saya auto approve dan tanpa captcha.

Untuk komentar yang berupa Spam akan saya hapus