Cara Review Jurnal Sistem Basis Data

Garudaraya : Review Jurnal Sistem Basis Data - Untuk memenuhi kebutuhan tugas Sistem Basis Data yang diberikan oleh dosen yaitu mencari jurnal dan untuk direview.
Tujuan dari review jurnal sendiri adalah untuk mempermudah dalam memahami inti dari hasil penelitian yang telah dilakuakan. Sebagai mahasiswa yang sering mendapat tugas untuk itu seharusnya mampu untuk melakukan review tersebut Sehingga dalam membahas jurnal itu akan lebih mudah dipahami setelah dilakukan review.

Hal-hal atau inti bahasan yang perlu di tampilkan dalam melakukan review jurnal  diantaranya:

   A. Latar Belakang Teori dan Tujuan Penelitian

Mengungkapkan beberapa landasan teori yang digunakan oleh peneliti sebagai acuan dalam penelitiannya dan tujuan apa yang ingin dicapai.

  B.  Metode

Mengungkapkan mengenai metode apa yang digunakan, subjek penelitian, teknik pengumpulan data, alat pengumpul data, dan analisis data yang digunakan.

    C. Hasil dan Pembahasan

Dalam pokok bahasan ini mengambil hasil dari penelitian yang telah dilakukan dengan memberikan deskripsi secara singkat, jelas, dan padat.

 Review jurnal:
ANALISIS DAN PERANCANGAN BASIS DATA
TERDISTRIBUSI DATA INVENTARIS BARANG
PADA PDAM TIRTA MUSI PALEMBANG


Latar Belakang

Kantor merupakan tempat diselenggarakannya kegiatan menangani informasi, menangani informasi mulai dari menerima, mengumpulkan, mengola, menyimpan sampai mengeluarkan dan mendistribusikan informasi. Oleh karena itu perlengkapan dan inventaris kantor mempunyai peranan penting bagi setiap instansi pemerintah maupun swasta, untuk menangani berbagai informasi dikantor tersebut.

Inventaris adalah daftar yang memuat semua data atau barang yang ada dimilik suatu kantor yang dipakai untuk melaksanakan tugas. Apabil Salah satu atau beberapa perlengkapan mengalami gangguan pasti akan menghambat jalannya roda perekonomian Perusahaan atau Instansi tersebut, yang biasanya berupa tidak teraturnya keorganisasian sebuah inventaris kantor atau kurangnya sebuah sistem dalam menginventaris perlengkapan kantor. 

Sebuah sistem tidak lepas dari adanya basis data. Yang mana bagi perusahaan yang memiliki banyak cabang kebutuhan adanya basis data yang mampu menampung data dengan jumlah yang banyak sangat diperlukan. Setiap cabang memerlukan basis data untuk proses dokumentasi. Tentunya dibutuhkan konektivitas dari basis data pada masing-masing cabang dengan kantor pusat ataupun satu cabang dengan cabang lainnya. Teknik yang tepat yaitu dengan menggunakan basis data terdistribusi.  Sebuah sistem database terdistribusi berisikan sekumpulan site, di mana tiap-tiap site dapat berpartisipasi dalam pengeksekusian transaksitransaksi

yang mengakses data pada satu site atau beberapa site. Tiap-tiap site dapat memproses transaksi lokal yaitu sebuah transaksi  yang mengakses data pada satu site di mana transaksi telah ditentukan.  Demikian juga yang dialami oleh Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Musi Palembang. Dengan bertambahnya pelanggan dan dibukanya beberapa cabang mengharuskan manajemen mengatur segala kebutuhan dan keperluan operasional khususnya masalah inventarisasi barang. Cabang-cabang dari PDAM Tirta Musi antara lain : Unit pelayanan Rambutan, KM IV, Seberang Ulu, 3 Ilir, Sako Kenten, Kalidoni, Karang Anyar dan Alang-alang lebar. 
Permasalahan yang sering terjadi pada PDAM Tirta Musi saat ini yaitu tidak terkontrolnya jumlah dan jenis inventaris barang di beberapa kantor cabang yang mengakibatkan terhambatnya operasional kantor baik dipusat maupun dicabang-cabang. Pendataan barang barang yang rusak dan harus diganti seringkali terabaikan.

Karena belum tersedianya sistem basis data yang efien  untuk mengurangi dan menghambat pendataan barang-barang inventaris di pusat maupun di cabang-cabang.

Tujuan Penelitian


    Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisa dan membuat rancangan basis data terdistribusi inventaris barang pada PDAM Tirta Musi Palembang melalui pembuatan aplikasi inventaris barang agar terkontrolnya jumlah dan jenis inventaris barang di beberapa kantor cabang yang sering mengalami terhambatnya operasional kantor .

Metode Pengumpulan Data 
 
 Pengamatan ( Observasi )
         Yaitu metode pengumpulan data dengan  pengamatan dan pencatatan secara langsung yang dilakukan di lokasi penelitian yaitu di PDAM Tirta Musi Palembang. Adapun pengamatan dilakukan pada proses pencatatan inventaris, pembelian serta pemakaian barang. 

Wawancara ( Interview )
           Yaitu dengan mendapatkan data-data secara langsung dari sumber yang mengerti sehubungan dengan pengamatan, penulis bertanya langsung dengan pihak-pihak yang  terkait dalam memberikan informasi sistem inventarisasi barang.

Analisis Sistem
          Pada tahap ini akan dijelaskan mengenai analisis sistem yang berjalan dan proses pengumpulan kebutuhan dan informasi yang akan didukung oleh aplikasi basis data dan menggunakan informasi tersebut untuk mengidentifikasi kebutuhan user terhadap sistem yang baru


HASIL  
Berdasarkan hasil penelitian yang telah diakukan pada PDAM Tirta Musi Palembang, hasil akhir dari semua kegiatan dan tahapantahapan pengembangan sistem yang telah dilakukan merupakan penerapan dari rancanganrancangan yang telah diuraikan pada bab sebelumnya yang terdiri dari desain file, desain input, dan desain basis data. Bahasa pemrograman yang digunakan dalam membangun program ini adalah  Visual Basic 6.0.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Review Jurnal Sistem Basis Data "

Post a Comment

Terimakasih sudah mampir di blog yang sederhana ini dan untuk kenyaman anda berkomentar pada kolom komentar saya auto approve dan tanpa captcha.

Untuk komentar yang berupa Spam akan saya hapus