Douglas C Engelbart, ilmuwan Penemu Mouse Meninggal Dunia


Garudaraya : Douglas C Engelbart, ilmuwan Penemu Mouse Meninggal Dunia  - Douglas C Engelbart, ilmuwan yang menciptakan mouse komputer dan menampilkan visi mengenai internet puluhan tahun sebelum ide itu terlaksana, meninggal dunia pada Selasa (2/7) malam di usia 88 tahun.

Kondisi kesehatan Engelbart sudah lama menurun dan dia meninggal dunia saat tidur. Hal itu diungkapkan putir Engelbart, Christina. Puncak karier Engelbart terjadi saat dia masih berusia muda. Pada musim dingin 1968, dia melakukan presentasi selama satu jam yang berisi ide yang kemudian puluhan tahun kemudian dipandang sebagai ibu dari lahirnya berbagai tekonologi komputer.

Di hadapan sekitar 1.000 ilmuwan di San Francisco, Engelbart yang kala itu adalah ilmuwan komputer dari Stanford Research Institute, memamerkan sebuah alat berbentuk kubus dengan dua roda yang dia beri nama indikator posisi x-y untuk sistem display. Itu adalah debut publik pertama mouse yang kita kenal saat ini. Engelbart kemudian menampilkan citra dan suara dari rekannya yang berada di lokasi yang berjarak sekitar 30 meter. Itu adalah videoconference pertama.

Dia kemudian menjelaskan teori mengenai bagaimana laman informasi bisa saling terkait menggunakan tautan berbasis teks. Ide itu kemudian terwujud dalam bentuk situs web.

Sayangnya, Engelbart tidak pernah meraih kekayaan dari berbagai idenya itu. Dia bahkan tidak mendapatkan loyalti dari mouse yang dipatenkan oleh SRI dan kemudian dijual kepada Apple Computer. (Reuters)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Douglas C Engelbart, ilmuwan Penemu Mouse Meninggal Dunia"

Post a Comment

Terimakasih sudah mampir di blog yang sederhana ini dan untuk kenyaman anda berkomentar pada kolom komentar saya auto approve dan tanpa captcha.

Untuk komentar yang berupa Spam akan saya hapus